Tenaga medis Italia dibantu robot “Tommy” rawat pasien COVID-19

Tenaga medis Italia dibantu robot “Tommy” rawat pasien COVID-19

Tenaga medis Italia dibantu robot Tommy rawat pasien COVID-19

Tenaga medis di Italia mendapatkan bantuan lain dari robot berteknologi canggih dan cerdas bernama “Tommy” yang berperan sebagai robot perawat untuk merawat pasien virus corona baru (COVID-19), dilansir Reuters, Kamis. Tommy adalah satu dari enam robot baru yang membantu para dokter dan perawat yang merawat pasien COVID-19 di Rumah Sakit Circolo di Varese, Lombardy Utara, yang merupakan pusat penyebaran wabah di Italia.

“Ini seperti memiliki perawat lain tanpa masalah yang berkaitan dengan

infeksi,” kata Dokter Francesco Dentali, direktur perawatan intensif di rumah sakit tersebut. Baca juga: Unair dan ITS kolaborasi kembangkan robot pelayan bagi pasien COVID-19 Baca juga: Rumah sakit Thailand pakai “robot ninja” tangani pasien corona

“Tommy” berukuran setinggi anak kecil dengan mata besar yang berkedip

dan diarahkan ke kamar, lalu ditinggalkan di samping tempat tidur pasien, sehingga dokter dapat menjaga orang lain yang berada dalam kondisi yang lebih serius. Mereka memantau parameter dari peralatan di ruangan, menyampaikannya ke staf rumah sakit. Robot ini memiliki wajah layar sentuh yang memungkinkan pasien untuk merekam pesan dan mengirimkannya ke dokter.

Yang paling penting, Tommy dan rekan-rekan setimnya yang berteknologi

tinggi memungkinkan rumah sakit membatasi jumlah kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi. Lebih dari 4.000 petugas kesehatan Italia telah terjangkit virus ketika merawat korban di Italia, dan 66 dokter telah meninggal dunia.  

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/