Makalah Jaringan Tumbuhan

Makalah Jaringan Tumbuhan

Makalah Jaringan Tumbuhan

  • Pengertian Jaringan Tumbuhan

Menurut Drs. Yayan Sutrian, yang dimaksud dengan jaringan adalah tiap-tiap kumpulan protoplas yang mempunyai dinding atau merupakan suatu kumpulan sel yang bentuk dan fungsinya sama.

Dengan batasan di atas, terutama tentang makna anak kalimat “suatu kumpulan sel yang bentuk dan fungsinya sama” maka kita dapat mengetahui tumbuhan ada yang mempunyai jaringan dan yang tidak mempunyai jaringan. Pada tumbuhan yang uniselluler atau terdiri dari satu sel (bakteria) tentunya tidak mempunyai jaringan, demikian pula tumbuh-tumbuhan yang rendah tingkat perkembangannya belum mempuyai jaringan. Jaringan-jaringan umumnya terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang tinggi tingkat perkembangannya, semakin tinggi tingkat perkembangannya semakin jelas pula adanya diferensiasi yang membentuk alat-alat tumbuhan yang berlainan.

Dalam pengertian tentang sekumpulan sel itu, hendaknya kita tidak keliru menafsirkannya, janganlah suatu tumbuhan yang mempunyai banyal sel selalu ditafsirkan sebagai jaringan. Pada tumbuh-tumbuhan golongan Algae(ganggang) tertentu misalnya, tumbuhan ini terdiri dari banyak sel. Akan tetapi masing-masing selnya masih aktif dalam segala proses hidupnya, jadi hanya merupakan individu-individu yang mengumpul atau katakanlah kumpulan sel-sel atau lazim disebut koloni.

  • Klasifikasi Jaringan Tumbuhan dan Karakteristiknya Masing-Masing

Jaringan-jaringan tumbuhan secara umum dapat dibagi menjadi jaringan meristem dan jaringan dewasa.

2.2.1.    Jaringan meristem

Jaringan meristem adalah jaringan muda yang sel-selnya selalu membelah atau bersifat embrional. Membran selnya demikian tipis, bentuknya menunjukkan bentuk yang teratur, antara segiempat dan kubus, sedangkan ruang sel masih penuh dengan protoplas serta vakuola yang kecil-kecil. Dalam kondisi demikian ini sifat khusus dari jaringan muda yaitu sel-sel yang membentuknya selalu mengadakan kegiatan-kegiatan untuk membelah” yang dalam istilah lainnya disebut meristematis. Letak jaringan ini terdapat di ujung dari alat-alat tumbuhan. Macam-macam meristem berdasarkan asal terjadinya yaitu:

  1. Pomeristem, jaringan tumbuhan yang ada pada saat tumbuhan masih dalam tingkat embrio.
  2. Meristem primer, jaringan meristem yang sel-selnya merupakan perkembangan langsung dari sel-sel embrional sehingga merupakan lanjutan dari pertumbuhan embrio. Aktivitas meristem ini akan mengakibatkan batang dan akar tumbuh memanjang, pertumbuhan ini disebut pertumbuhan primer.
  3. Meristem sekunder, meristem yang berasal dari jaringan dewasa yang telah mengadakan diferensiasi. Misalnya kambium dan kambium gabus yang terjadi dari parenkim atau jaringan dasar dan kolenkim. Pertumbuhan ini menyebabkan tubuh tumbuhan bertambah besar.

Menurut letaknya jaringan meristem dibagi menjadi:

  1. Meristem apikal/meristem ujung, yaitu jaringan meristem yang meristem yang terletak di ujung akar dan batang (titik tumbuh) yang berperan dalam pertumbuhan primer tumbuhan.
  2. Meristem lateral/meristem samping, terletak sejajar dgn permukaan organ tempat jaringan ini ditemukan. Dapat berupa kambium pembuluh dan kambium gabus.  Pembesaran meristem lateral menyebabkan pembesaran pada akar dan batang.  Pembelahan meristem lateral disebut pertumbuhan sekunder dan jaringan yg dibentuk disebut jaringan sekunder  Meristem lateral atau meristem samping adalah meristem yang menyebabkan pertumbuhan skunder. Pertumbuhan sekunder adalah proses pertumbuhan yang menyebabkan bertambah besarnya akar dan batang tumbuhan. Meristem lateral disebut juga sebagai kambium. Kambium terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar dan batang dan membentuk jaringan skunder pada bidang yang sejajar dengan akar dan batang.
  3. Meristem interkalar, yaitu jaringan meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah rumput-rumputan (graminae). Pertumbuhan meristem interkalar menyebabkan perpanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga.

 

Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/jaringan-tumbuhan/